Makassar Jadi Nominator Kota Layak Pemuda 2017

By Admin

nusakini.com--Makassar menjadi nominator penghargaan Kota Layak Pemuda 2017. Penganugerahan ini merupakan program prioritas deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI. 

Terpilihnya Kota Makassar sebagai salah satu nominator bukan tanpa alasan. Ada sejumlah pertimbangan mengapa Makassar terpilih diantaranya, Kota makassar mempunyai payung hukum yaitu, Perwali tentang kepemudaan.

Kedua, Pemkot Makassar memfasilitasi kegiatan-kegiatan kepemudaan Dan ketiga, membuka ruang untuk kegiatan kepemudaan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin menjelaskan, dalam dua hari ke depan akan ada tim verifikasi dari kementrian Pemuda dan Olahraga yang akan datang ke Makassar.

Achmad Hendra berharap, kali ini Makassar akan keluar sebagai jawara pada penyerahan penghargaan yang bakal digelar bertepatan dengan hari sumpah pemuda 28 Oktober mendatang.

"Pemerintah Kota Makassar sudah meraih banyak penghargaan dan kami berharap dalam seleksi ini Kota Makassar dapat meraih dan mempersembahkan Penghargaan Kota Layak Pemuda Tingkat Nasional 2017," katanya.

Sebelumnya, Asisten Deputi Bidang Standarisasi dan Infrastuktur Pemuda Pengembangan Kemenpora RI Zainal Aminin mengatakan, Program Kota Layak Pemuda sudah diinisiasi pada tahun ini, di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dia menjelaskan, berdasarkan kajian dengan berbagai pihak, ditetapkan beberapa kriteria penilaian terhadap kota/kabupaten yang berhak menerika predikat Kota Layak Pemuda.

“Diantaranya Regulasi Pemerintah Daerah terhadap kepemudaan, penganggaran, fasilitasi, kegiatan kepemudaan, ketersediaan program dan infrastruktur program kepemudaan," jelasnya belum lama ini.

Zainal menambahkan dalam penentuan Kota Layak Pemuda, tim penilai akan mengunjungi Kota/Kabupaten yang telah lolos administrasi untuk melakukan verifikasi faktual dan penilian dilapangan atas seluruh data.

"Setelah selesai tahap tersebut maka tim akan membagi kategori Pemenang Utama, Madya dan Pratama," jelasnya.(p/ab)